Menggaet Siswa-Siswi Calon Pemilih Pemula

Nasional130 Dilihat

 

Bali,Prabunews.com-Menjelang pelaksanaan agenda pesta demokrasi Pemilihan Umum 2024, Pelatihan Tular Nalar Sekolah Kebangsaan kembali diselenggarakan di wilayah Kabupaten Badung, Bali.

Menggaet siswa-siswi calon pemilih pemula dari SMAN 1 Abiansemal, kegiatan yang mengusung tema “Gen Z Bisa Milih” ini diadakan pada hari Jumat, 8 Desember 2023.

Bertempat di wantilan Pura Dalem Blahkiuh, kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pihak KPU Bali dan Bawaslu Bali.

Dalam sambutannya, perwakilan Bawaslu Bali menyatakan bahwa program semacam Sekolah Kebangsaan ini adalah kegiatan literasi yang sangat penting untuk diikuti karena dengan banyaknya berita yang beredar, masyarakat khususnya pelajar harus membekali diri dengan pengetahuan mengenai anti hoax. Harapannya, peserta tidak mudah terpengaruh dan tidak sampai menjadi pelaku penyebaran hoax.

Selain karena hal tersebut dapat menimbulkan keresahan di masyarakat, pelakunya juga akan terancam oleh pasal-pasal dalam Undang-undang ITE yang sanksinya cukup berat.

Selanjutnya, perwakilan KPU Bali juga menghimbau partisipasi aktif dari para pemilih pemula ini. Para peserta mengecek NIK nya pada DPT yang dapat diakses secara online.

“Kami dari pihak sekolah berterimakasih karena Mafindo Bali sudah mengajak SMAN 1 Abiansemal sebagai mitra dalam melaksanakan kegiatan Tular Nalar Sekolah Kebangsaan” ujar Waka Kesiswaan SMAN 1 Abiansemal.

Beliau berharap kegiatan ini akan dapat meningkatkan wawasan kebangsaan dan nilai nasionalisme para pelajar.

Kegiatan Sekolah Kebangsaan ini dimulai pukul 08.00 WITA. Diawali dengan registrasi peserta, pembukaan kegiatan dengan menyanyikan Indonesia Raya dan kemudian dilanjutkan dengan pelatihan.

Sesi inti dari Sekolah Kebangsaan ini adalah diskusi interaktif dengan metode Komunikasi Antar Personal. Agar lebih efektif, maka 100 peserta yang hadir diacak menjadi beberapa kelompok kecil sehingga peserta menjadi berbaur satu sama lain.

Saat penyampaian dan diskusi materi inti Sekolah Kebangsaan, setiap kelompok kecil ini didampingi oleh seorang fasilitator bersertifikat sebagai pembimbing kelompok.

Sebanyak 100 peserta didik SMAN 1 Abiansemal mengikuti kegiatan dengan antusias. Terbukti dari cepatnya peserta menangkap materi dan semangatnya saat mengikuti beberapa game distorsi yang disajikan.

Memang, sesi yang paling seru adalah game distorsi dan refleksi. Sebagian besar peserta menuliskan kesan bahwa kegiatan Sekolah Kebangsaan ini sangat menyenangkan dan telah membuka wawasan mereka tentang Pemilihan Umum.

Pelatihan ini kemudian ditutup dengan pembagian bingkisan yang berisi aneka hadiah seperti kotak makan, botol minum, gantungan kunci dan sticker Tular Nalar.

Sesi foto bersama sempat diadakan di awal, namun dengan antusias para peserta berkumpul kembali untuk pengambilan video kebersamaan di Sekolah Kebangsaan hari ini.

Sekolah Kebangsaan ini merupakan pelatihan literasi digital dalam program Tular Nalar yang diinisiasi oleh Mafindo dan didukung oleh Google.

Literasi digital ini menjadi pembelajaran utama yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi dan melakukan penginderaan hoaks melalui kemampuan berpikir kritis.

Khusus untuk para pemilih pemula, topik yang diangkat sepanjang 2023-2024 ini adalah tentang Pemilihan Umum.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *